Anak Muda Juga Bisa Terkena Stroke, Berikut Gejala-gejalanya | Wanitakota

Anak Muda Juga Bisa Terkena Stroke, Berikut Gejala-gejalanya

Anak Muda Juga Bisa Terkena Stroke, Berikut Gejala-gejalanya

Anak Muda Juga Bisa Terkena Stroke, Berikut Gejala-gejalanya Sahabat wanitakota memang kita mengetahui jika Stroke tidak pandang tua atau muda anak muda masa kini pun tidak dapat luput darinya. Pola gaya hidup yang buruk diduga sebagai penyebabnya.

Dokter spesialis saraf RSPI-Pondok Indah Rubiana Nurhayati mengungkapkan, terjadi pergeseran tren usia pasien. Stroke yang dulunya menyerang orang 60 tahun ke atas, kini juga dialami mereka yang berusia produktif.

“Pasien saya saat ini umumnya rata-rata berumur 30-50 tahun. Yang paling mudah 22 tahun,” ujarnya dalam diskusi Minimalkan Risiko Stroke dengan MRA yang digelar RSPI-Pondok Indah, Kamis (25/6/2015).

Kekentalan darah yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat disebut Rubiana sebagai penyebab utama stroke di usia muda.

“Contohnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng tanpa diimbangi asupan makanan sehat,” kata dia menambahkan.

Berdasarkan penyebabnya, stroke terbagi menjadi dua tipe, yakni stroke iskemik (sumbatan) dan stroke haemorrhagic (pendarahan).

Stroke iskemik terjadi karena pembuluh darah di otak tersumbat sehingga memblok asupan darah dan oksigen ke sel otak. Akibatnya, sel otak tidak berfungsi dengan baik, bahkan sel bisa mati.

Adapun stroke haemorrhagic disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak.

Dari segi faktor risiko, juga terbagi dua, yakni faktor risiko yang dapat dan tidak dapat dimodifikasi.

Faktor risiko yang dapat dimodifikasi adalah hipertensi, jantung, diabetes mellitus, displepidemia atau gangguan lemak seperti kolesterol, trigliserida tinggi, kelebihan berat badan atau obesitas, dan kekentalan darah.

“Faktor risiko ini dapat kita kontrol agar terhindar dari stroke ,” ungkap Rubina.

Sebaliknya, faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi antara lain usia, riwayat keluarga, jenis kelamin dan suku bangsa, yang notabenenya tidak dapat terelakkan.

HALAMAN BERIKUT

You May Also Like

About Author