Pemandian Air Panas Umum di Onsen Jepang Mengharuskan Pengunjungnya Telanjang | Wanitakota

Pemandian Air Panas Umum di Onsen Jepang Mengharuskan Pengunjungnya Telanjang

Pemandian Air Panas Umum di Onsen Jepang Mengharuskan Pengunjungnya Telanjang

Pemandian Air Panas Umum di Onsen Jepang Mengharuskan Pengunjungnya Telanjang Sumber air panas memiliki dua sumber panas, magma yang berada di dasar gunung berapi, dan panas yang bukan dari gunung berapi. Jenis mineral yang dikandung air menyebabkan perbedaan warna air, bau, dan khasiat mandi dengan air panas tersebut.

Orang Jepang amat suka mandi air panas di Onsen, yaitu sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi. Penginapan yang memiliki tempat pemandian air panas disebut penginapan onsen (onsen yado).

onsen jepang

 

Sebagian besar Onsen mewajibkan pengunjungnya bertelanjang bulat di dalam kolam namun tetap berlaku etika ketat. Turis bule sedang asyik berendam di Onsen tanpa mengebakan sehelai benang pun

Lokasi untuk sumber air panas bisa berada dekat gunung berapi atau jauh dari gunung berapi. Turis mancanegara yang berkunjung ke Jepang amat suka mengunjungi Onsen di samping orang-orang Jepang sendiri. Namun mereka tanpa sengaja (karena ketidaktahuannya) seringkali melanggar etika kala berkunjung ke Onsen, sehingga mereka diusir.

Onsen pun memiliki peraturan perundang-undangan yang jelas. Menurut definisi Undang-Undang Onsen Jepang, istilah onsen juga digunakan untuk air dari mata air dengan kandungan mineral yang berbeda dari air biasa, dan berasal dari sumber air yang mengeluarkan gas. Sumber air panas bisa berupa air tanah yang dipanaskan oleh panas bumi atau dipanaskan manusia dengan sumber panas.

Di setiap pemandian Onsen, berlaku etika ketat seperti :

1. Jangan salah masuk ruang ganti.

Hal ini sering terjadi karena penunjuk ruang ganti hanya menggunakan huruf kanji. Ada hal mudah untuk mengingatnya, yaitu biasanya tirai untuk ruang ganti wanita berwarna merah dan tirai untuk ruang ganti pria biasanya berwarna biru. Di beberapa Onsen, biasanya pemandian wanita dan pria ditukar jadwalnya 1 hari sekali atau beberapa kali seminggu. Nah, agar tidak dikira orang yang berpikiran mesum, hendaknya teliti dahulu sebelum masuk.

2. Harus melepas sepatu di depan pintu masuk.

Hal ini bukan hanya berlaku di Onsen-onsen saja, namun juga berlaku di setiap rumah di Jepang karena ini merupakan budaya bangsa Jepang.

3. Jangan lupa bawa handuk kecil.

Walau setiap Onsen mengharuskan pengunjungnya bertelanjang bulat ketika masuk kolam, namun Onsen bukanlah tempat berkumpulnya para kaum nudist. Kita harus tetap menunjukkan kesopanan, caranya adalah dengan membawa handuk kecil ketika berendam. Handuk ini digunakan untuk mencuci.

onsen jepang1

4. Harus membersihkan  badan dahulu sebelum berendam

Air di onsen adalah air alami dan tidak ditambahkan kaporit. Karena itu pengunjung perlu membersihkan badan terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan dan kebersihan di pemandian umum. Jangan sampai berendam dengan kondisi badan penuh daki dan rambut penuh ketombe karena anda akan mendapat tatapan aneh dari pengunjung lain dan bahkan diusir oleh petugas. Jadi jangan coba-coba, karena pasti ketahuan.

onsen jepangz

Seorang pengunjung membersihkan badannya terlebih dahulu sebelum memasuki kolam pemandian Onsen

You May Also Like

About Author